Wednesday, February 8, 2012

1:35 scale figure Project part 1

Beberapa pekan lalu, saya ditanya apakah bisa membuat figur miniatur dengan skala 1:35. Sejujurnya, saya belum pernah membuat figur dengan ukuran sekecil ini sebelumnya jadi ada baiknya latihan dulu. Post ini merupakan dokumentasi latihan saya dalam mebuat figur kecil tersebut. Terima kasih kepada Solo Kiyoshi dari Aurora Model untuk tekniknya.

A couple of weeks ago, I was asked if I could make a miniature figure in the 1:35 scale. Honestly, I've never sculpt a figure that small before. So I think I would do some trial run for it. This Post documents my work in progress on making the little figures. Thanks goes to Solo Kiyoshi from Aurora model for the technique.

1/35 scale WIP 01, pertama 1/35 scale WIP 02, bikin proporsi 1/35 scale WIP 03, sculpting dengan alat buatan sendiri
Semua dimulai dengan seonggok MwaxZ tipe L. Saya membuat panduan dalam bentuk garis yang menandakan tinggi figur (4 cm) dan membaginya dalam beberapa bagian sebagai penanda proporsi. Sebuah sket awal digores pada MwaxZ. Sket ini akan menjadi dasar pose dari figur yang akan dibuat.

It all started with a lump of MwaxZ type L. I draw the lines to mark the height of the figure (4 cm) and divide the line into parts as proportion markers. A sketch is then etch into the wax. This will be the base pose for the figure.




1/35 scale WIP 04, masih sama seperti sebelumnya 1/35 scale WIP 05, bikin relief pada dasarnya 1/35 scale WIP 06, versi pertama belum ada rambutnya
Menggunakan alat, saya menekan wax di sekitar sket awal untuk membuatnya timbul. Pada dasarnya teknik ini adalah sama dengan membuat relief.

Using a tool, I pusehd down area around the sketch, making it pop up. Basicly, this technique is the same as making a relief sculpture.


1/35 scale WIP 07, versi akhir 1/35 scale WIP 08, siap dicetak, dinding dibuat dari lilin 1/35 scale WIP 09, diisi dengan silikon
Setelah mengubah pose tangan dan merapihkan beberapa detil, relief ini siap untuk dicetak. Dengan mencetak, saya akan mentrasfer figur ini ke medium yang lebih keras dan bisa dicat nantinya. Terlihat dinding di sekitar figur terbuat dari lilin mainan berwarna biru yang akan menampung silikon. Gambar berikutnya adalah penampakan cetakan setelah diisi silikon.

After changing the pose of the hand and further refining the details, the relief is ready to be moulded. By making a mould, I'll transfer the sculpture to a more rigid medium that can be painted later. Seen here is the wall made of blue plasticine to hold the silicone. The next picture is the mould filled with RTV silicone.

1/35 scale WIP 10, cetakan jadi!
Gambar terakhir ini adalah hasil dari proses pembuatan cetakan silikon. Pada bagian ke-2, saya akan mencetak relief ini dan menyelesaikannya menjadi figur dengan skala 1:35. Mungkin akan dicat, mungkin juga hanya akan diprimer. Nantikan kelanjutan petualangan ini hanya di Midztoyz!

The last picture shows the product of the mould making process. In part 2 I'll be casting a copy of this relief and finishing it into a 1:35 scale figurine. I might paint it, or just prime it. Be sure to catch the next part of the Adventure only on Midztoyz!



Bersambung...
To be continue...

No comments: